Bagaimana Cara Mencari Nisn Di Data Kemendikbud?

Bagaimana Cara Mencari NISN di Data KEMENDIKBUD Bagaimana Cara Mencari NISN di Data KEMENDIKBUD?

NISN atau yang lebih dikenal dengan Nomor Induk Siswa Nasional merupakan instruksi pengenal yang berisi identitas siswa yang dibentuk menurut standar yang berlaku, disusun dengan cara yang unik, dan berlaku sepanjang masa. Dengan adanya nomor induk ini, para petugas dari dinas pendidikan sanggup mengetahui apakah penerima asuh yang bersangkutan menempuh jenjang studi di sekolah yang ada di dalam negeri atau siswa tersebut mengenyam pendidikan di luar negeri. Tidak hanya itu, nomor induk dari penerima asuh ini dibentuk secara nasional dan hanya diberikan kepada siswa yang bersekolah di sekolah atau satuan pendidikan yang terdaftar secara administratif di Kementrian Pendidikan dan Budaya atau yang mempunyai NPSN.

Cara gampang mencari NISN di data resmi KEMENDIKBUD yang benar

Dengan pentingnya NISN sebagai identitas penerima asuh yang tentunya diharapkan bila ingin melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, ada berbagai manfaat yang diperoleh dengan adanya Nomor Induk Siswa Nasional, diantaranya seperti:

  1. Dengan adanya pengadaan nomor induk dari penerima asuh secara nasional, pihak pemerintah melalui kementrian pendidikan bisa mengidentifikasi setiap penerima didik 
  2. Dengan adanya nomor induk siswa nasional maka pelayanan online dalam setiap unit kerja di Kemendikbud mulai dari sekolah sampai Dinas Pendidikan Daerah akan semakin terpadu, terstandar, dan akuntabel alasannya yaitu sudah berbasis TIK.
  3. NISN juga sanggup dipakai sebagai sistem pendukung dalam kegiatan yang dilakukan oleh Dapodik atau Data Pokok Pendidikan khususnya dalam setiap kegiatan pengembangan juga penerapan dari program-program Dapodik. Beberapa kegiatan yang dinaungi oleh Dapodik antara lain menyerupai dalam perencanaan pelaksanaan pendidikan. Tidak hanya itu, Nomor induk tersebut juga sangat besar lengan berkuasa dalam statistik pendidikan dan kegiatan pendidikan yang dilaksanakan baik dari tingkat sekolah sampai ke tingkat provinsi.

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara mencari nomor induk siswa nasional, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan yakni:

  1. Kunjungi situs resmi dari kemendikbud atau bisa eksklusif mengunjungi https://nisn.data.kemdikbud.go.id 
  2. Pada tampilan website Anda bisa melihat di bab kiri layar akan muncul beberapa sajian yang bisa dipilih antara lain menyerupai Beranda, Aturan & Kebijakan, Mekanisme Penerbitan NISN, Data Siswa, Kontak Kami, dan FAQ. Klik pada sajian Data Siswa
  3. Setelah masuk dalam sajian tampilan Data Siswa, akan diberi dua pilihan dalam pencarian nomor induk yakni pencarian NISN dengan memasukkan nomor induk siswa dan pencarian nomor induk siswa nasional menurut nama.
  4. Bagi Anda yang masih ingat dengan nomor induk siswanya, Anda bisa eksklusif memasukkan nomor tersebut dalam kotak pencarian. Akan tetapi, bila Anda tidak tahu nomor induknya Anda bisa memakai pencarian opsi kedua, yakni dengan nama. Yang perlu Anda lakukan yaitu dengan memasukkan nama lengkap. Tidak hanya itu, nantinya terdapat kotak berisi daerah dan tanggal lahir dari siswa yang bersangkutan kemudian klik cari.
  5. Saat loading jawaban maka akan muncul nomor induk siswa nasional dari siswa yang bersangkutan. Selain nomor induk, data yang akan dimunculkan juga berupa daerah dan tanggal lahir serta jenis kelamin dari siswa tersebut.

Akan tetapi bila NISN dari siswa yang bersangkutan tidak muncul maka itu berarti siswa tersebut belum mempunyai nomor induk secara nasional. Namun, jangan khawatir bagi Anda yang belum mempunyai nomor induk penerima asuh nasional, Anda bisa mengajukan pengadaan. Prosesnya juga tidak rumit dan bisa dilakukan secara online. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendownload surat atau formulir pengajuan A.1. Setelah diisi kemudian diberikan kepada pihak sekolah asal supaya nantinya pihak sekolah yang akan memproses semua datanya.

Tidak hanya itu, terkadang data yang tercantum dalam NISN juga ada salah dan tidak sesuai baik itu berupa kesalahan penulisan nama, tanggal lahir maupun jenis kelamin. Jika hal demikian terjadi, Anda harus mengajukan pergantian dengan formulir pengajuan nomor A.3 yang diisi secara manual kemudian diajukan kepada sekolah dimana nomor induk tersebut diterbitkan. Nantinya pihak sekolah yang akan mengirim formulir tersebut ke email kemendikbud.

0 Response to "Bagaimana Cara Mencari Nisn Di Data Kemendikbud?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close