Aplikasi Pmp Versi 2.0 Dan Beberapa Perubahannya

 Perkembangan teknologi digital dikala ini juga turut mendukung upaya pemerintah untuk memaj Aplikasi PMP Versi 2.0 dan Beberapa Perubahannya

Perkembangan teknologi digital dikala ini juga turut mendukung upaya pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan. Salah satu bentuk pinjaman teknologi digital di bidang pendidikan tersebut yaitu dengan diterapkannya penggunaan aplikasi PMP. Nama dari aplikasi ini sendiri merupakan sebuah kependekan yang berasal dari Pemetaan Mutu Pendidikan. Selanjutnya, nama tersebut disingkat menjadi PMP.

Perubahan Dalam Aplikasi PMP Versi 2.0

Aplikasi PMP sendiri ditujukan kepada seluruh lapisan tenaga pendidikan mulai dari Kepala Sekolah, Pengawas, Dinas Pendidikan Propinsi dan Kabupaten/kota, dan LPMP. Pemberitahuan mengenai adanya aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan versi gres tersebut diawali dengan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Selain pemberitahuan mengenai aplikasi versi gres PMP, ada beberapa hal lain yang juga disampaikan dalam surat edaran Dirjen Dikdasmen bernomor 9/D/PD/2017 ini. Beberapa hal tersebut adalah:

1. Ketentuan pengiriman data PMP
Dalam surat edaran Dirjen Dikdasmen yang dipublikasikan melalui website resmi forum ini, disampaikan bahwa telah ditentukan waktu pengiriman data PMP. Kalangan tenaga pendidikan yang ditunjuki dalam surat edaran diminta mengirimkan data PMP sekolah. Waktu pengiriman telah dibuka semenjak tanggal 15 Juli 2017.

2. Pemberitahuan dan keinginan dari perbaikan dan peningkatan layanan PMP
Dalam surat edaran juga disampaikan bahwa Ditjen Dikdasmen telah mengupayakan supaya layanan pemetaan mutu pendidikan (PMP) sanggup diperbaiki dan ditingkatkan. Upaya-upaya yang dilakukan berkenaan dengan sarana prasarana pendukung maupun segi infrastruktur. Karena hal inilah, Ditjen Dikdasmen mengharapkan bahwa implementasi termasuk pemanfaatan aplikasi PMP sanggup lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, pihak Ditjen Dikdasmen juga menyarankan supaya pihak-pihak yang bertugas selalu memperbarui informasi pada PMP maupun web dapodik.

3. Umpan balik dan tindak lanjut atas perilisan aplikasi PMP 2017
Dalam hal ini, Ditjen Dikdasmen akan melaksanakan penilaian atas banyak sekali feedback yang diterima. Evaluasi terhadap feedback yang diterima selama waktu pemetaan dan pasca rilis aplikasi dilakukan hingga tamat bulan Juli.

4. Optimasi dan perbaikan pada versi gres aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan
Dalam surat edaran PMP juga disampaikan bahwa Ditjen Dikdasmen juga merilis website PMP versi 2.0 untuk mendukung proses pemetaan itu sendiri. Sementara itu, dalam versi barunya, aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan ini mempunyai banyak sekali meningkatkan secara optimal ibarat pemrosesan data, sajian fasilitator, metode pengiriman data, dan sebagainya. Pembaruan dan perbaikan dari versi gres aplikasi ini dijelaskan sesudah ini.

Dalam memakai aplikasi PMP ini, ada banyak aspek yang sanggup dipetakan dengan mudah. Beberapa aspek yang dimaksud contohnya mengenai Data Pokok Pendidikan, Uji Kompetensi PTK, Ujian Nasional, Evaluasi Dari Sekolah, dan Rapor.  Aplikasi ini sendiri sekarang telah mempunyai versi gres yaitu versi 2.0 yang telah dirilis pada 5 Juni tahun ini. Untuk sanggup mengoperasikan aplikasi yang kompatibel dengan Win XP, Vista, maupun Windows 7 hingga 10, Anda harus mengunduh installer PMP terlebih dahulu. Installer yang telah terunduh kemudian sanggup dipakai untuk menginstallnya pada PC.

Dalam versi barunya, ada banyak pembaruan yang diterapkan. Beberapa pembaruan tersebut antara lain:

  1. Fitur tombol keyboard yang sanggup dipakai untuk mengisi instrument kuesioner
  2. Dokumen unduhan instrument untuk tahun 2017
  3. Fitur drilldown tree yang sanggup dipakai untuk verifikasi dikala mengisi tanggapan kuesioner
  4. Verifikasi pengisian responden yang dilengkapi dengan fitur detail pengisian
  5. Pilihan suplemen berupa “ tidak mengampu” untuk menjawab pertanyaan nomor B7, D12, B8, dan B12.
  6. Instrumen kuesioner yang mendapat perbaikan tampilan warna pilihan jawaban.
  7. Beban load verifikasi kuesioner yang telah diperbaiki
  8. Bug yang telah diperbaiki untuk beberapa pertanyaan ibarat pertanyaan nomor B7 dan B12.
  9. Bug rekap total di beranda yang diperbaiki
  10. Penentuan hanya isian angka untuk isian persen
  11. Bug konfirmasi kuesioner yang telah diselesaikan

Itulah beberapa perubahan dalam aplikasi PMP versi terbaru berikut dengan hal-hal lainnya yang penting untuk diketahui para penyelenggara pemetaan mutu pendidikan. Selain memberikan informasi sebagaimana yang disebutkan di atas, Ditjen Dikdasmen juga telah melaksanakan penilaian pada beberapa hal ibarat perilisan aplikasi versi 2.1 di awal Agustus, penyempurnaan website PMP, serta penyediaan layanan operator supaya sanggup menghubungi Dinas Pendidikan atau LPMP dengan mudah.

0 Response to "Aplikasi Pmp Versi 2.0 Dan Beberapa Perubahannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close