Analis Keimigrasian Pertama Honor Dan Tunjangannya

Analis Keimigrasian Pertama Gaji dan Tunjangannya Analis Keimigrasian Pertama Gaji dan Tunjangannya

Tahun ini Kemenhumkam membuka lowongan CPNS. Formasi yang paling banyak dibuka ialah sipir penjara yakni sekitar 14.000 deretan dan penempatannya di seluruh Indonesia. Salah satu deretan yang diharapkan oleh Kementrian Hukum dan HAM ialah posisi analis keimigrasian pertama. Analis keimigrasian berada di bawah pribadi oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Pendaftaran deretan CPNS 2017 tersebut masih dibuka hingga ketika ini apabila ada yang berminat.

Lowongan CPNS Analis Keimigrasian Pertama

Semenjak kurun kepemimpinan Presiden Joko Widodo, moratorium PNS dilakukan hingga sekarang. Dulunya, Badan Kepegawaian Negara atau BKN setiap tahun niscaya membuka lowongan CPNS, tetapi ketika ini diberlakukan moratorium dan hanya beberapa kementrian/lembaga saja yang membuka lowongan CPNS. Seperti di tahun ini 2017, hanya dua forum saja yang membuka deretan CPNS yakni Mahkamah Agung dan Kemenhumkam. MA banyak membutuhkan hakim alasannya merasa kekurangan posisi tersebut. Kemudian untuk Kemenhumkam, posisi yang harus diisi ialah sipir penjara, pemeriksa keimigrasian terampil dan analis keimigrasian pertama.

Untuk posisi analis keimigrasian pertama, Kemenhumkam membutuhkan 2.049 formasi. Formasi tersebut juga dibagi untuk beberapa kategori menyerupai CPNS dengan nilai cumlaude sebanyak 229 orang dan untuk deretan laki-laki sejumlah 1.799 orang dan perempuan 250 orang. Kaprikornus untuk posisi ini sudah ada kategorinya, berbeda dengan posisi sipir penjara yang tidak ada criteria tertentu. Jadi, semua masyarakat umum yang kualifikasinya memenuhi syarat sanggup mendaftarkan diri.

Kemudian untuk kualifikasi atau persyaratan mendaftar CPNS petugas analis keimigrasian pertama minimal ialah S1 atau sarjana, bukan diploma. Berbeda dengan petugas pemeriksa keimigrasian terampil, minimal ijazah atau pendidikan terakhir ialah diploma atau D3. Khusus untuk posisi analis keimigrasian tersebut, pendidikan terakhir S1 jurusan aturan atau jurusan sosial, ekonomi/akuntansi, sastra bahasa asing, ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi, teknik komputer dan komunikasi.

Bagi yang berminat ingin mencoba CPNS 2017 posisi tersebut, kualifikasi pendidikan harus sesuai dengan jurusan di atas. Jika ingin mendapat isu yang lebih lanjut ihwal tata cara pendaftaran, persyaratan khusus, dokumen apa saja yang wajib disertakan atau pun kapan tanggal pendaftarannya sanggup membuka di website BKN. Berbicara ihwal honor PNS memang berbeda-beda antara golongan I hingga dengan golongan IV. Untuk posisi analis keimigrasian ini, tidak hanya honor pokok saja yang akan diberikan tetapi banyak proteksi yang akan didapat. Tunjangan yang diberikan antara lain ialah proteksi istri/suami apabila sudah menikah, proteksi anak, proteksi beras, proteksi fungsional, uang makan dan proteksi kerja.

Apabila honor pokok ditambahkan dengan tunjangan-tunjangan tersebut, seorang pegawai analis keimigrasian akan memperoleh honor sebesar 7 jutaan per bulan, itu bagi yang belum menikah dan belum memiliki anak. Bagi yang sudah menikah, honor per bulannya sekitar 8 juta. Tentu ini merupakan sebuah nilai yang banyak bagi seorang PNS. Tak heran jikalau tahun ini banyak yang ingin mendaftarkan untuk mengisi posisi tersebut. Lalu apa bahwasanya kiprah utama dari seorang petugas analis keimigrasian itu? Tugas utamanya ialah mengidentifikasi dan menelaah secara objektif serta sistematis pada kemudian lintas keluar masuknya orang di wilayah Indonesia.

Tugasnya menyerupai menilik dokumen utamanya dokumen keimigrasian, pengendalian rumah detensi imigrasi, pengawasan atau intelijen, lintas batas dan kolaborasi luar negeri, pengelolaan isu keimigrasian, penindakan dan penyidikan keimigrasian. Kaprikornus kesimpulannya ialah tugasnya yang berafiliasi dengan problem keimigrasian. Lalu untuk CPNS 2017 ini, alokasi dan penempatan kerjanya tidak harus sesuai dengan KTP domisili pelamar. Mengapa? Karena banyak provinsi lain yang banyak membutuhkan posisi tersebut untuk diisi. Sebagai teladan Jakarta, Jakarta membutuhkan 616 deretan yang akan ditempatkan di kantor imigrasi Soekarno-Hatta.

Kemudian di urutan kedua ada Bali dengan 229 deretan yang akan ditempatkan di kantor imigrasi Ngurah Rai, posisi ketiga ialah Kepulauan Riau dengan 206 formasi, Jawa Timur 198 formasi, Sumatera Utara 189 formasi, Kalimantan Barat 75 formasi, Riau 65 formasi, Nusa Tenggara Barat 57 formasi, Jawa Barat 51 formasi, Nangroe Aceh Darussalam 51 deretan dan DIY sebanyak 8 formasi. Untuk isu lebih lengkapnya ihwal CPNS 2017 analis keimigrasian pertama sanggup dilihat di website resmi BKN.

0 Response to "Analis Keimigrasian Pertama Honor Dan Tunjangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close