12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional

12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional - Ujian Nasional mungkin menjadi momok menyeramkan bagi siswa-siswi di setiap tingkatan sekolah, baik itu tingkat MI/SD, MTs/SMP, bahkan bagi siswa-siswi MA/SMA. Ada pribahasa "Kalah Sebelum Berperang" makasud dari pribahasa tersebut, kita dihentikan Pesimis sebelum melaksanakannya. Sama menyerupai halnya menghadapai Ujian Nasional, kita dihentikan pesimis, alasannya ialah itu akan merugikan kita. Kita akan nervous dan mental kita akan jatuh, sehingga kurangnya Konsentrasi dalam mengerjakan soal Ujian Nasional.

 Ujian Nasional mungkin menjadi momok menyeramkan bagi siswa 12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional


Untuk mengatasi Sikap Pesimis dalam Ujian Nasional, kami mencoba mencari apa saja Tips yang harus dilakukan sebelum Ujian Nasional. Kami mengutip dari website Sekolah Menengah kejuruan Negeri 3 Probolinggo mengenai tips tersebut. Untuk lebih lanjutnya, silahkan anda baca di bawah ini 12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional :


1. FOKUS

Kalian yang bakal menghadapi ujian nasional 2016 haruslah fokus untuk mengikuti Ujian Nasional 2016, tidak usah kalian memfokuskan hal-hal lain yang bisa menciptakan kalian salah fokus untuk menomorduakan Ujian Nasional 2016. Mulai bulan ini juga kalian stop untuk agenda-agenda yang sekiranya tidak penting, fokuslah untuk mengikuti Ujian Nasional 2016, kalian ingin sukses ngerjain soal UN kan? Pastinya donk, nantinya sehabis UN 2016 ada waktu yang panjang untuk kalian me-refresh otak kalian bersama teman-teman. Mulai detik ini, kalian persiapkan segala materi-materi pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional 2016, teruslah mengerjakan soal-soal latihan satu naskah soal selama sehari. Oh iya, buat kalian kelas XII tetaplah fokus untuk berlatih soal-soal yang diujikan dalam UN 2016, jangan malah coba mengerjakan latihan soal SNMPTN, nanti ada waktunya sehabis UN 2016. Siap kawan? Lanjut ke tips kedua.

2. Jangan Remehkan Try Out

Bukan problem baru, kebanyakan murid-murid sekolah yang mau menghadapi Ujian Nasional sering meremehkan try out. Try Out itu tolak ukur kalian, seberapa bisakah atau pemahaman kalian dalam materi-materi UN. Saya rasa anda perlu tolak ukur, sehingga kalian bisa mengevaluasi kekurangan kalian. Usahakan selalu mengerjakan soal-soal Try Out dengan baik, bayangkan saja Try Out sebagai simulasi UN 2016.

3. Porsi Tambahan

Sudah saya berikan tadi di tips nomor dua untuk tidak meremehkan Try Out alasannya ialah itu sebagai tolak ukur kemampuan kalian, untuk apa sih mengukur kemampuan kita? Ini gunanya, jadi kalian sehabis tau tolak ukur kalian menyerupai apa, sehingga ada penilaian dalam diri kalian, niscaya ada pelajaran tertentu yang pemahamannya kurang. Berikan porsi perhiasan untuk pelajaran-pelajaran yang kalian anggap lemah, mintalah derma ke guru pengajar, kakak-kakak kalian, guru les, atau tentor (jika kalian mengikuti les di lembaga).

4. Siapkan Seluruh Perlengkapan Ujian Nasional Jauh-Jauh Hari

Walaupun mungkin tidak terlalu kuat besar, ini sangat harus di perhatikan yakni perlengkapan Ujian Nasional menyerupai pensi 2B, penghapus, papan alas, bolpoin, orotan dll.
  • Gunakan pensil dengan grade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR (Optical Mark Reader) tes.
  • Gunakan pensil yang memiliki diamater inti pensil paling besar, sehingga menciptakan pensil lebih kokoh dan tidak gampang patah.
  • Pilih pensil dengan inti pensil yang lembut sehingga tidak akan merusak permukaan kertas.
  • Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB alasannya ialah penghapus ini diformulasikan khusus untuk kertas LJK. – Penghapus ini sangat lembut dan tidak meninggalkan abu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak menggangu proses koreksi/scanning.
  • Rautan dengan pisau yang tajam
  • Penggaris EBTA dan SPMB, untuk mempermudah ketika menyilang dan melingkari balasan biar kesudahannya lebih rapi.
  • Bawalah papan ganjal biar lembar balasan tetap rapi dan menghindari kertas balasan sobek akhir permukaan meja yang tidak rata.
  • Pilihlah papan ganjal yang rata, tidak gampang melengkung, dan licin. Dianjurkan memakai acrylic untuk hasil yang maksimal.
Untuk hal ini, memang biasanya pihak sekolah sudah memfasilitasi untuk hal ini, mengingat kalau kita beli sendiri takutnya malah palsu. Tapi, usahakan kalian juga menyiapkan alat-alat tulis ini jauh-jauh hari dan tak ada salahnya kalau kalian juga membawa alat tulis menulis sendiri dari rumah, walaupun nantinya juga akan ada dari pihak sekolah.

5. Ikuti Beberapa Workshop Mengenai “Ujian Nasional”

Dengan mengikuti workshop mengenai Ujian Nasional anda akan lebih mengerti Apa, Bagaimana, Kenapa, Kapan Ujian Nasional. Beberapa dari workshop itu juga sebagian memberitahukan kepada anda tips-tips dalam mengerjakan Ujian Nasional. Ada juga Workshop yang bersifat ESQ yang akan membantu kalian dalam hal motivasi dan ketenangan hati.

6. Jaga Komunikasi Vertikal

Pasti ngerti kan dengan apa yang saya maksudkan “komunikasi vertikal”, jadi kalian harus menjaga ibadah kalian ke yang maha kuasa. Rajinlah beribadah, bagi kalian yang muslim ya dijaga sholatnya ( sehari 5 waktu), kemudian kalau bisa puasa shunnah (senin-kamis), shalat dhuha, shalat tahajud ,baca AL-QURAN setiap hari sehabis shalat maghrib atau sebelum subuh , dan yang terakhir sering-seringlah bersedekah.

7. Jaga Komunikasi Horizontal

Tambah gundah nih, yang atas tadi vertikal kini horizontal. Iya kawan, jadi selain kalian menjaga komunikasi vertikal, kalian juga harus menjaga komunikasi horizontal. Maksudnya ialah berbuat oke kalian ke sesama teman, tetangga, keluarga, orangtua, kalau kalian punya salah langsunglah meminta maaf dan minta doa restu untuk kelancaran Ujian Nasional yang bakal kalian hadapi.

8. Jaga Kesehatan

Setelah jaga komunikasi vertikal dan horizontal, kini waktunya jaga pos satpam, hahahaha. Bukan itu maksudnya, seetelah kalian jaga komunikasi vertikal dan horizontal, kalian perlu jaga kesehatan kalian. Jangan hingga kesehatan kalian terganggu, apalagi saat-saat mendekati waktu pelaksanaan Ujian Nasional, itu perkara luar biasa alasannya ialah bisa merusak konsentrasi dan fokus kalian untuk menghadapi Ujian Nasional. Usahakan, makan yang teratur dan jaga kondisi dengan berolahraga minimal 3x dalam seminggu.

9. Mintalah Doa Orangtua, Guru, dan Paling Penting Doa Ibu

Ini juga yang sangat penting dalam menghadapi Ujian Nasional yakni doa dari orang-orang yang sangat bersahabat dengan kita yakni kedua orangtua, dan orang yang memperlihatkan ilmu yakni Guru.
  • Minta maaflah kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional
  • Mintalah Doa restu kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional, terutama doa ibu!
  • Salimlah kepada kedua orangtua dan guru ketika berangkat ketika akan berangkat menuju sekolah ketika Ujian Nasional
Hampir sama sih dengan komunikasi horizontal, tapi saya tulis lagi disini alasannya ialah itu juga bab terpenting dalam kesuksesan kalian mengerjakan soal UN.

10. Jangan Nervous

Kebiasaan murid-murid termasuk saya dulu, ketika h-7 hingga pelaksanaan hari H perasaan nervous banget, tapi itu jangan hingga terjadi, alasannya ialah bakal merusak konsentrasi sehingga kau bisa blank dan ngak bisa mengingat materi yang kalian pelajari selama ini. Usahakan tetap tenang, atur rujukan nafas sehingga kalian bisa konsentrasi penuh mengerjakan soal Ujian Nasional.

11. Percaya Diri

Percaya pada diri sendiri, jangan percaya dengan hasutan-hasutan yang ada di lingkungan sekitar. Kalau kalian sudah menguasai materi, ngapain kalian harus tidak percaya diri. Beberapa orang yang dalam proses KBM nilainya bagus, namun ketika Ujian Nasional tidak Percaya Diri, kesudahannya pun Jeblok.

12. Jangan Percaya Kunci Jawaban

Sekarang marak sekali sebelum ujian, kalian di tawarkan perihal balasan ujian nasional. Saya bukannya melarang anda membeli, atau menganjurkan anda membeli, tetapi jangan mempercayai kunci balasan tersebut. Mengapa saya tulis demikian, alasannya ialah balasan kunci ada yang sebagian benar, dan ada sebagian malah salah semua. Pengalaman saya, banyak teman-teman yang membeli untuk berjaga-jaga dan dibeli secara koordinir, jadi pilihan di tangan anda. Boleh anda beli, boleh saja tidak. Saya hanya menyarankan untuk tidak mempercayainya, fokus dan percaya dirilah pada kemampuan anda sendiri.

Oke, itulah sedikit tips-tips yang bisa saya berikan ke kalian semua meskipun itu gres sekelumit saja dan banyak hal-hal lain yang belum bisa saya tuliskan disini. Saya berharap kalian bisa melaksanakan yang terbaik, dan bisa mendapat hasil yang lebih baik lagi. Oh iya, bab yang menyeramkan dalam menghadapi Ujian Nasional bukanlah soalnya, melainkan hasil yang kita raih nantinya ketika kita sudah mengerjakan soal tersebut, pilihan antara LULUS dan TIDAK LULUS.
Sumber : http://www.smkn3pbl.sch.id/

Itulah informasi mengenai Ujian Nasional. Semoga artikel kami ini perihal 12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional sanggup memperlihatkan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

 


Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian kalau ini membantu dan Share kalau informasi ini penting dan berkhasiat bagi orang banyak. Terimakasih.

Baca Juga :

Untuk mengatasi Sikap Pesimis dalam Ujian Nasional, kami mencoba mencari apa saja Tips yang harus dilakukan sebelum Ujian Nasional. Kami mengutip dari website Sekolah Menengah kejuruan Negeri 3 Probolinggo mengenai tips tersebut. Untuk lebih lanjutnya, silahkan anda baca di bawah ini 12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional :


1. FOKUS

Kalian yang bakal menghadapi ujian nasional 2016 haruslah fokus untuk mengikuti Ujian Nasional 2016, tidak usah kalian memfokuskan hal-hal lain yang bisa menciptakan kalian salah fokus untuk menomorduakan Ujian Nasional 2016. Mulai bulan ini juga kalian stop untuk agenda-agenda yang sekiranya tidak penting, fokuslah untuk mengikuti Ujian Nasional 2016, kalian ingin sukses ngerjain soal UN kan? Pastinya donk, nantinya sehabis UN 2016 ada waktu yang panjang untuk kalian me-refresh otak kalian bersama teman-teman. Mulai detik ini, kalian persiapkan segala materi-materi pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional 2016, teruslah mengerjakan soal-soal latihan satu naskah soal selama sehari. Oh iya, buat kalian kelas XII tetaplah fokus untuk berlatih soal-soal yang diujikan dalam UN 2016, jangan malah coba mengerjakan latihan soal SNMPTN, nanti ada waktunya sehabis UN 2016. Siap kawan? Lanjut ke tips kedua.

2. Jangan Remehkan Try Out

Bukan problem baru, kebanyakan murid-murid sekolah yang mau menghadapi Ujian Nasional sering meremehkan try out. Try Out itu tolak ukur kalian, seberapa bisakah atau pemahaman kalian dalam materi-materi UN. Saya rasa anda perlu tolak ukur, sehingga kalian bisa mengevaluasi kekurangan kalian. Usahakan selalu mengerjakan soal-soal Try Out dengan baik, bayangkan saja Try Out sebagai simulasi UN 2016.

3. Porsi Tambahan

Sudah saya berikan tadi di tips nomor dua untuk tidak meremehkan Try Out alasannya ialah itu sebagai tolak ukur kemampuan kalian, untuk apa sih mengukur kemampuan kita? Ini gunanya, jadi kalian sehabis tau tolak ukur kalian menyerupai apa, sehingga ada penilaian dalam diri kalian, niscaya ada pelajaran tertentu yang pemahamannya kurang. Berikan porsi perhiasan untuk pelajaran-pelajaran yang kalian anggap lemah, mintalah derma ke guru pengajar, kakak-kakak kalian, guru les, atau tentor (jika kalian mengikuti les di lembaga).

4. Siapkan Seluruh Perlengkapan Ujian Nasional Jauh-Jauh Hari

Walaupun mungkin tidak terlalu kuat besar, ini sangat harus di perhatikan yakni perlengkapan Ujian Nasional menyerupai pensi 2B, penghapus, papan alas, bolpoin, orotan dll.
  • Gunakan pensil dengan grade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR (Optical Mark Reader) tes.
  • Gunakan pensil yang memiliki diamater inti pensil paling besar, sehingga menciptakan pensil lebih kokoh dan tidak gampang patah.
  • Pilih pensil dengan inti pensil yang lembut sehingga tidak akan merusak permukaan kertas.
  • Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB alasannya ialah penghapus ini diformulasikan khusus untuk kertas LJK. – Penghapus ini sangat lembut dan tidak meninggalkan abu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak menggangu proses koreksi/scanning.
  • Rautan dengan pisau yang tajam
  • Penggaris EBTA dan SPMB, untuk mempermudah ketika menyilang dan melingkari balasan biar kesudahannya lebih rapi.
  • Bawalah papan ganjal biar lembar balasan tetap rapi dan menghindari kertas balasan sobek akhir permukaan meja yang tidak rata.
  • Pilihlah papan ganjal yang rata, tidak gampang melengkung, dan licin. Dianjurkan memakai acrylic untuk hasil yang maksimal.
Untuk hal ini, memang biasanya pihak sekolah sudah memfasilitasi untuk hal ini, mengingat kalau kita beli sendiri takutnya malah palsu. Tapi, usahakan kalian juga menyiapkan alat-alat tulis ini jauh-jauh hari dan tak ada salahnya kalau kalian juga membawa alat tulis menulis sendiri dari rumah, walaupun nantinya juga akan ada dari pihak sekolah.

5. Ikuti Beberapa Workshop Mengenai “Ujian Nasional”

Dengan mengikuti workshop mengenai Ujian Nasional anda akan lebih mengerti Apa, Bagaimana, Kenapa, Kapan Ujian Nasional. Beberapa dari workshop itu juga sebagian memberitahukan kepada anda tips-tips dalam mengerjakan Ujian Nasional. Ada juga Workshop yang bersifat ESQ yang akan membantu kalian dalam hal motivasi dan ketenangan hati.

6. Jaga Komunikasi Vertikal

Pasti ngerti kan dengan apa yang saya maksudkan “komunikasi vertikal”, jadi kalian harus menjaga ibadah kalian ke yang maha kuasa. Rajinlah beribadah, bagi kalian yang muslim ya dijaga sholatnya ( sehari 5 waktu), kemudian kalau bisa puasa shunnah (senin-kamis), shalat dhuha, shalat tahajud ,baca AL-QURAN setiap hari sehabis shalat maghrib atau sebelum subuh , dan yang terakhir sering-seringlah bersedekah.

7. Jaga Komunikasi Horizontal

Tambah gundah nih, yang atas tadi vertikal kini horizontal. Iya kawan, jadi selain kalian menjaga komunikasi vertikal, kalian juga harus menjaga komunikasi horizontal. Maksudnya ialah berbuat oke kalian ke sesama teman, tetangga, keluarga, orangtua, kalau kalian punya salah langsunglah meminta maaf dan minta doa restu untuk kelancaran Ujian Nasional yang bakal kalian hadapi.

8. Jaga Kesehatan

Setelah jaga komunikasi vertikal dan horizontal, kini waktunya jaga pos satpam, hahahaha. Bukan itu maksudnya, seetelah kalian jaga komunikasi vertikal dan horizontal, kalian perlu jaga kesehatan kalian. Jangan hingga kesehatan kalian terganggu, apalagi saat-saat mendekati waktu pelaksanaan Ujian Nasional, itu perkara luar biasa alasannya ialah bisa merusak konsentrasi dan fokus kalian untuk menghadapi Ujian Nasional. Usahakan, makan yang teratur dan jaga kondisi dengan berolahraga minimal 3x dalam seminggu.

9. Mintalah Doa Orangtua, Guru, dan Paling Penting Doa Ibu

Ini juga yang sangat penting dalam menghadapi Ujian Nasional yakni doa dari orang-orang yang sangat bersahabat dengan kita yakni kedua orangtua, dan orang yang memperlihatkan ilmu yakni Guru.
  • Minta maaflah kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional
  • Mintalah Doa restu kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional, terutama doa ibu!
  • Salimlah kepada kedua orangtua dan guru ketika berangkat ketika akan berangkat menuju sekolah ketika Ujian Nasional
Hampir sama sih dengan komunikasi horizontal, tapi saya tulis lagi disini alasannya ialah itu juga bab terpenting dalam kesuksesan kalian mengerjakan soal UN.

10. Jangan Nervous

Kebiasaan murid-murid termasuk saya dulu, ketika h-7 hingga pelaksanaan hari H perasaan nervous banget, tapi itu jangan hingga terjadi, alasannya ialah bakal merusak konsentrasi sehingga kau bisa blank dan ngak bisa mengingat materi yang kalian pelajari selama ini. Usahakan tetap tenang, atur rujukan nafas sehingga kalian bisa konsentrasi penuh mengerjakan soal Ujian Nasional.

11. Percaya Diri

Percaya pada diri sendiri, jangan percaya dengan hasutan-hasutan yang ada di lingkungan sekitar. Kalau kalian sudah menguasai materi, ngapain kalian harus tidak percaya diri. Beberapa orang yang dalam proses KBM nilainya bagus, namun ketika Ujian Nasional tidak Percaya Diri, kesudahannya pun Jeblok.

12. Jangan Percaya Kunci Jawaban

Sekarang marak sekali sebelum ujian, kalian di tawarkan perihal balasan ujian nasional. Saya bukannya melarang anda membeli, atau menganjurkan anda membeli, tetapi jangan mempercayai kunci balasan tersebut. Mengapa saya tulis demikian, alasannya ialah balasan kunci ada yang sebagian benar, dan ada sebagian malah salah semua. Pengalaman saya, banyak teman-teman yang membeli untuk berjaga-jaga dan dibeli secara koordinir, jadi pilihan di tangan anda. Boleh anda beli, boleh saja tidak. Saya hanya menyarankan untuk tidak mempercayainya, fokus dan percaya dirilah pada kemampuan anda sendiri.

Oke, itulah sedikit tips-tips yang bisa saya berikan ke kalian semua meskipun itu gres sekelumit saja dan banyak hal-hal lain yang belum bisa saya tuliskan disini. Saya berharap kalian bisa melaksanakan yang terbaik, dan bisa mendapat hasil yang lebih baik lagi. Oh iya, bab yang menyeramkan dalam menghadapi Ujian Nasional bukanlah soalnya, melainkan hasil yang kita raih nantinya ketika kita sudah mengerjakan soal tersebut, pilihan antara LULUS dan TIDAK LULUS.
Sumber : http://www.smkn3pbl.sch.id/

Itulah informasi mengenai Ujian Nasional. Semoga artikel kami ini perihal Soal Latihan Ujian Nasional MI/SD Tahun 2016

Untuk mengatasi Sikap Pesimis dalam Ujian Nasional, kami mencoba mencari apa saja Tips yang harus dilakukan sebelum Ujian Nasional. Kami mengutip dari website Sekolah Menengah kejuruan Negeri 3 Probolinggo mengenai tips tersebut. Untuk lebih lanjutnya, silahkan anda baca di bawah ini 12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional :


1. FOKUS

Kalian yang bakal menghadapi ujian nasional 2016 haruslah fokus untuk mengikuti Ujian Nasional 2016, tidak usah kalian memfokuskan hal-hal lain yang bisa menciptakan kalian salah fokus untuk menomorduakan Ujian Nasional 2016. Mulai bulan ini juga kalian stop untuk agenda-agenda yang sekiranya tidak penting, fokuslah untuk mengikuti Ujian Nasional 2016, kalian ingin sukses ngerjain soal UN kan? Pastinya donk, nantinya sehabis UN 2016 ada waktu yang panjang untuk kalian me-refresh otak kalian bersama teman-teman. Mulai detik ini, kalian persiapkan segala materi-materi pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional 2016, teruslah mengerjakan soal-soal latihan satu naskah soal selama sehari. Oh iya, buat kalian kelas XII tetaplah fokus untuk berlatih soal-soal yang diujikan dalam UN 2016, jangan malah coba mengerjakan latihan soal SNMPTN, nanti ada waktunya sehabis UN 2016. Siap kawan? Lanjut ke tips kedua.

2. Jangan Remehkan Try Out

Bukan problem baru, kebanyakan murid-murid sekolah yang mau menghadapi Ujian Nasional sering meremehkan try out. Try Out itu tolak ukur kalian, seberapa bisakah atau pemahaman kalian dalam materi-materi UN. Saya rasa anda perlu tolak ukur, sehingga kalian bisa mengevaluasi kekurangan kalian. Usahakan selalu mengerjakan soal-soal Try Out dengan baik, bayangkan saja Try Out sebagai simulasi UN 2016.

3. Porsi Tambahan

Sudah saya berikan tadi di tips nomor dua untuk tidak meremehkan Try Out alasannya ialah itu sebagai tolak ukur kemampuan kalian, untuk apa sih mengukur kemampuan kita? Ini gunanya, jadi kalian sehabis tau tolak ukur kalian menyerupai apa, sehingga ada penilaian dalam diri kalian, niscaya ada pelajaran tertentu yang pemahamannya kurang. Berikan porsi perhiasan untuk pelajaran-pelajaran yang kalian anggap lemah, mintalah derma ke guru pengajar, kakak-kakak kalian, guru les, atau tentor (jika kalian mengikuti les di lembaga).

4. Siapkan Seluruh Perlengkapan Ujian Nasional Jauh-Jauh Hari

Walaupun mungkin tidak terlalu kuat besar, ini sangat harus di perhatikan yakni perlengkapan Ujian Nasional menyerupai pensi 2B, penghapus, papan alas, bolpoin, orotan dll.
  • Gunakan pensil dengan grade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR (Optical Mark Reader) tes.
  • Gunakan pensil yang memiliki diamater inti pensil paling besar, sehingga menciptakan pensil lebih kokoh dan tidak gampang patah.
  • Pilih pensil dengan inti pensil yang lembut sehingga tidak akan merusak permukaan kertas.
  • Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB alasannya ialah penghapus ini diformulasikan khusus untuk kertas LJK. – Penghapus ini sangat lembut dan tidak meninggalkan abu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak menggangu proses koreksi/scanning.
  • Rautan dengan pisau yang tajam
  • Penggaris EBTA dan SPMB, untuk mempermudah ketika menyilang dan melingkari balasan biar kesudahannya lebih rapi.
  • Bawalah papan ganjal biar lembar balasan tetap rapi dan menghindari kertas balasan sobek akhir permukaan meja yang tidak rata.
  • Pilihlah papan ganjal yang rata, tidak gampang melengkung, dan licin. Dianjurkan memakai acrylic untuk hasil yang maksimal.
Untuk hal ini, memang biasanya pihak sekolah sudah memfasilitasi untuk hal ini, mengingat kalau kita beli sendiri takutnya malah palsu. Tapi, usahakan kalian juga menyiapkan alat-alat tulis ini jauh-jauh hari dan tak ada salahnya kalau kalian juga membawa alat tulis menulis sendiri dari rumah, walaupun nantinya juga akan ada dari pihak sekolah.

5. Ikuti Beberapa Workshop Mengenai “Ujian Nasional”

Dengan mengikuti workshop mengenai Ujian Nasional anda akan lebih mengerti Apa, Bagaimana, Kenapa, Kapan Ujian Nasional. Beberapa dari workshop itu juga sebagian memberitahukan kepada anda tips-tips dalam mengerjakan Ujian Nasional. Ada juga Workshop yang bersifat ESQ yang akan membantu kalian dalam hal motivasi dan ketenangan hati.

6. Jaga Komunikasi Vertikal

Pasti ngerti kan dengan apa yang saya maksudkan “komunikasi vertikal”, jadi kalian harus menjaga ibadah kalian ke yang maha kuasa. Rajinlah beribadah, bagi kalian yang muslim ya dijaga sholatnya ( sehari 5 waktu), kemudian kalau bisa puasa shunnah (senin-kamis), shalat dhuha, shalat tahajud ,baca AL-QURAN setiap hari sehabis shalat maghrib atau sebelum subuh , dan yang terakhir sering-seringlah bersedekah.

7. Jaga Komunikasi Horizontal

Tambah gundah nih, yang atas tadi vertikal kini horizontal. Iya kawan, jadi selain kalian menjaga komunikasi vertikal, kalian juga harus menjaga komunikasi horizontal. Maksudnya ialah berbuat oke kalian ke sesama teman, tetangga, keluarga, orangtua, kalau kalian punya salah langsunglah meminta maaf dan minta doa restu untuk kelancaran Ujian Nasional yang bakal kalian hadapi.

8. Jaga Kesehatan

Setelah jaga komunikasi vertikal dan horizontal, kini waktunya jaga pos satpam, hahahaha. Bukan itu maksudnya, seetelah kalian jaga komunikasi vertikal dan horizontal, kalian perlu jaga kesehatan kalian. Jangan hingga kesehatan kalian terganggu, apalagi saat-saat mendekati waktu pelaksanaan Ujian Nasional, itu perkara luar biasa alasannya ialah bisa merusak konsentrasi dan fokus kalian untuk menghadapi Ujian Nasional. Usahakan, makan yang teratur dan jaga kondisi dengan berolahraga minimal 3x dalam seminggu.

9. Mintalah Doa Orangtua, Guru, dan Paling Penting Doa Ibu

Ini juga yang sangat penting dalam menghadapi Ujian Nasional yakni doa dari orang-orang yang sangat bersahabat dengan kita yakni kedua orangtua, dan orang yang memperlihatkan ilmu yakni Guru.
  • Minta maaflah kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional
  • Mintalah Doa restu kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional, terutama doa ibu!
  • Salimlah kepada kedua orangtua dan guru ketika berangkat ketika akan berangkat menuju sekolah ketika Ujian Nasional
Hampir sama sih dengan komunikasi horizontal, tapi saya tulis lagi disini alasannya ialah itu juga bab terpenting dalam kesuksesan kalian mengerjakan soal UN.

10. Jangan Nervous

Kebiasaan murid-murid termasuk saya dulu, ketika h-7 hingga pelaksanaan hari H perasaan nervous banget, tapi itu jangan hingga terjadi, alasannya ialah bakal merusak konsentrasi sehingga kau bisa blank dan ngak bisa mengingat materi yang kalian pelajari selama ini. Usahakan tetap tenang, atur rujukan nafas sehingga kalian bisa konsentrasi penuh mengerjakan soal Ujian Nasional.

11. Percaya Diri

Percaya pada diri sendiri, jangan percaya dengan hasutan-hasutan yang ada di lingkungan sekitar. Kalau kalian sudah menguasai materi, ngapain kalian harus tidak percaya diri. Beberapa orang yang dalam proses KBM nilainya bagus, namun ketika Ujian Nasional tidak Percaya Diri, kesudahannya pun Jeblok.

12. Jangan Percaya Kunci Jawaban

Sekarang marak sekali sebelum ujian, kalian di tawarkan perihal balasan ujian nasional. Saya bukannya melarang anda membeli, atau menganjurkan anda membeli, tetapi jangan mempercayai kunci balasan tersebut. Mengapa saya tulis demikian, alasannya ialah balasan kunci ada yang sebagian benar, dan ada sebagian malah salah semua. Pengalaman saya, banyak teman-teman yang membeli untuk berjaga-jaga dan dibeli secara koordinir, jadi pilihan di tangan anda. Boleh anda beli, boleh saja tidak. Saya hanya menyarankan untuk tidak mempercayainya, fokus dan percaya dirilah pada kemampuan anda sendiri.

Oke, itulah sedikit tips-tips yang bisa saya berikan ke kalian semua meskipun itu gres sekelumit saja dan banyak hal-hal lain yang belum bisa saya tuliskan disini. Saya berharap kalian bisa melaksanakan yang terbaik, dan bisa mendapat hasil yang lebih baik lagi. Oh iya, bab yang menyeramkan dalam menghadapi Ujian Nasional bukanlah soalnya, melainkan hasil yang kita raih nantinya ketika kita sudah mengerjakan soal tersebut, pilihan antara LULUS dan TIDAK LULUS.
Sumber : http://www.smkn3pbl.sch.id/

Itulah informasi mengenai Ujian Nasional. Semoga artikel kami ini perihal Soal Latihan Ujian Nasional MTs/SMP Tahun 2016

Untuk mengatasi Sikap Pesimis dalam Ujian Nasional, kami mencoba mencari apa saja Tips yang harus dilakukan sebelum Ujian Nasional. Kami mengutip dari website Sekolah Menengah kejuruan Negeri 3 Probolinggo mengenai tips tersebut. Untuk lebih lanjutnya, silahkan anda baca di bawah ini 12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional :


1. FOKUS

Kalian yang bakal menghadapi ujian nasional 2016 haruslah fokus untuk mengikuti Ujian Nasional 2016, tidak usah kalian memfokuskan hal-hal lain yang bisa menciptakan kalian salah fokus untuk menomorduakan Ujian Nasional 2016. Mulai bulan ini juga kalian stop untuk agenda-agenda yang sekiranya tidak penting, fokuslah untuk mengikuti Ujian Nasional 2016, kalian ingin sukses ngerjain soal UN kan? Pastinya donk, nantinya sehabis UN 2016 ada waktu yang panjang untuk kalian me-refresh otak kalian bersama teman-teman. Mulai detik ini, kalian persiapkan segala materi-materi pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional 2016, teruslah mengerjakan soal-soal latihan satu naskah soal selama sehari. Oh iya, buat kalian kelas XII tetaplah fokus untuk berlatih soal-soal yang diujikan dalam UN 2016, jangan malah coba mengerjakan latihan soal SNMPTN, nanti ada waktunya sehabis UN 2016. Siap kawan? Lanjut ke tips kedua.

2. Jangan Remehkan Try Out

Bukan problem baru, kebanyakan murid-murid sekolah yang mau menghadapi Ujian Nasional sering meremehkan try out. Try Out itu tolak ukur kalian, seberapa bisakah atau pemahaman kalian dalam materi-materi UN. Saya rasa anda perlu tolak ukur, sehingga kalian bisa mengevaluasi kekurangan kalian. Usahakan selalu mengerjakan soal-soal Try Out dengan baik, bayangkan saja Try Out sebagai simulasi UN 2016.

3. Porsi Tambahan

Sudah saya berikan tadi di tips nomor dua untuk tidak meremehkan Try Out alasannya ialah itu sebagai tolak ukur kemampuan kalian, untuk apa sih mengukur kemampuan kita? Ini gunanya, jadi kalian sehabis tau tolak ukur kalian menyerupai apa, sehingga ada penilaian dalam diri kalian, niscaya ada pelajaran tertentu yang pemahamannya kurang. Berikan porsi perhiasan untuk pelajaran-pelajaran yang kalian anggap lemah, mintalah derma ke guru pengajar, kakak-kakak kalian, guru les, atau tentor (jika kalian mengikuti les di lembaga).

4. Siapkan Seluruh Perlengkapan Ujian Nasional Jauh-Jauh Hari

Walaupun mungkin tidak terlalu kuat besar, ini sangat harus di perhatikan yakni perlengkapan Ujian Nasional menyerupai pensi 2B, penghapus, papan alas, bolpoin, orotan dll.
  • Gunakan pensil dengan grade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR (Optical Mark Reader) tes.
  • Gunakan pensil yang memiliki diamater inti pensil paling besar, sehingga menciptakan pensil lebih kokoh dan tidak gampang patah.
  • Pilih pensil dengan inti pensil yang lembut sehingga tidak akan merusak permukaan kertas.
  • Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB alasannya ialah penghapus ini diformulasikan khusus untuk kertas LJK. – Penghapus ini sangat lembut dan tidak meninggalkan abu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak menggangu proses koreksi/scanning.
  • Rautan dengan pisau yang tajam
  • Penggaris EBTA dan SPMB, untuk mempermudah ketika menyilang dan melingkari balasan biar kesudahannya lebih rapi.
  • Bawalah papan ganjal biar lembar balasan tetap rapi dan menghindari kertas balasan sobek akhir permukaan meja yang tidak rata.
  • Pilihlah papan ganjal yang rata, tidak gampang melengkung, dan licin. Dianjurkan memakai acrylic untuk hasil yang maksimal.
Untuk hal ini, memang biasanya pihak sekolah sudah memfasilitasi untuk hal ini, mengingat kalau kita beli sendiri takutnya malah palsu. Tapi, usahakan kalian juga menyiapkan alat-alat tulis ini jauh-jauh hari dan tak ada salahnya kalau kalian juga membawa alat tulis menulis sendiri dari rumah, walaupun nantinya juga akan ada dari pihak sekolah.

5. Ikuti Beberapa Workshop Mengenai “Ujian Nasional”

Dengan mengikuti workshop mengenai Ujian Nasional anda akan lebih mengerti Apa, Bagaimana, Kenapa, Kapan Ujian Nasional. Beberapa dari workshop itu juga sebagian memberitahukan kepada anda tips-tips dalam mengerjakan Ujian Nasional. Ada juga Workshop yang bersifat ESQ yang akan membantu kalian dalam hal motivasi dan ketenangan hati.

6. Jaga Komunikasi Vertikal

Pasti ngerti kan dengan apa yang saya maksudkan “komunikasi vertikal”, jadi kalian harus menjaga ibadah kalian ke yang maha kuasa. Rajinlah beribadah, bagi kalian yang muslim ya dijaga sholatnya ( sehari 5 waktu), kemudian kalau bisa puasa shunnah (senin-kamis), shalat dhuha, shalat tahajud ,baca AL-QURAN setiap hari sehabis shalat maghrib atau sebelum subuh , dan yang terakhir sering-seringlah bersedekah.

7. Jaga Komunikasi Horizontal

Tambah gundah nih, yang atas tadi vertikal kini horizontal. Iya kawan, jadi selain kalian menjaga komunikasi vertikal, kalian juga harus menjaga komunikasi horizontal. Maksudnya ialah berbuat oke kalian ke sesama teman, tetangga, keluarga, orangtua, kalau kalian punya salah langsunglah meminta maaf dan minta doa restu untuk kelancaran Ujian Nasional yang bakal kalian hadapi.

8. Jaga Kesehatan

Setelah jaga komunikasi vertikal dan horizontal, kini waktunya jaga pos satpam, hahahaha. Bukan itu maksudnya, seetelah kalian jaga komunikasi vertikal dan horizontal, kalian perlu jaga kesehatan kalian. Jangan hingga kesehatan kalian terganggu, apalagi saat-saat mendekati waktu pelaksanaan Ujian Nasional, itu perkara luar biasa alasannya ialah bisa merusak konsentrasi dan fokus kalian untuk menghadapi Ujian Nasional. Usahakan, makan yang teratur dan jaga kondisi dengan berolahraga minimal 3x dalam seminggu.

9. Mintalah Doa Orangtua, Guru, dan Paling Penting Doa Ibu

Ini juga yang sangat penting dalam menghadapi Ujian Nasional yakni doa dari orang-orang yang sangat bersahabat dengan kita yakni kedua orangtua, dan orang yang memperlihatkan ilmu yakni Guru.
  • Minta maaflah kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional
  • Mintalah Doa restu kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional, terutama doa ibu!
  • Salimlah kepada kedua orangtua dan guru ketika berangkat ketika akan berangkat menuju sekolah ketika Ujian Nasional
Hampir sama sih dengan komunikasi horizontal, tapi saya tulis lagi disini alasannya ialah itu juga bab terpenting dalam kesuksesan kalian mengerjakan soal UN.

10. Jangan Nervous

Kebiasaan murid-murid termasuk saya dulu, ketika h-7 hingga pelaksanaan hari H perasaan nervous banget, tapi itu jangan hingga terjadi, alasannya ialah bakal merusak konsentrasi sehingga kau bisa blank dan ngak bisa mengingat materi yang kalian pelajari selama ini. Usahakan tetap tenang, atur rujukan nafas sehingga kalian bisa konsentrasi penuh mengerjakan soal Ujian Nasional.

11. Percaya Diri

Percaya pada diri sendiri, jangan percaya dengan hasutan-hasutan yang ada di lingkungan sekitar. Kalau kalian sudah menguasai materi, ngapain kalian harus tidak percaya diri. Beberapa orang yang dalam proses KBM nilainya bagus, namun ketika Ujian Nasional tidak Percaya Diri, kesudahannya pun Jeblok.

12. Jangan Percaya Kunci Jawaban

Sekarang marak sekali sebelum ujian, kalian di tawarkan perihal balasan ujian nasional. Saya bukannya melarang anda membeli, atau menganjurkan anda membeli, tetapi jangan mempercayai kunci balasan tersebut. Mengapa saya tulis demikian, alasannya ialah balasan kunci ada yang sebagian benar, dan ada sebagian malah salah semua. Pengalaman saya, banyak teman-teman yang membeli untuk berjaga-jaga dan dibeli secara koordinir, jadi pilihan di tangan anda. Boleh anda beli, boleh saja tidak. Saya hanya menyarankan untuk tidak mempercayainya, fokus dan percaya dirilah pada kemampuan anda sendiri.

Oke, itulah sedikit tips-tips yang bisa saya berikan ke kalian semua meskipun itu gres sekelumit saja dan banyak hal-hal lain yang belum bisa saya tuliskan disini. Saya berharap kalian bisa melaksanakan yang terbaik, dan bisa mendapat hasil yang lebih baik lagi. Oh iya, bab yang menyeramkan dalam menghadapi Ujian Nasional bukanlah soalnya, melainkan hasil yang kita raih nantinya ketika kita sudah mengerjakan soal tersebut, pilihan antara LULUS dan TIDAK LULUS.
Sumber : http://www.smkn3pbl.sch.id/

Itulah informasi mengenai Ujian Nasional. Semoga artikel kami ini perihal Soal Latihan Ujian Nasional MA/SMA Tahun 2016

0 Response to "12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close