Kisi-Kisi Uambd Mi Tahun Pelajaran 2018-2019


- Madrasah ibtidaiyah (disingkat MI) yakni jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan Sekolah Dasar, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Pendidikan madrasah ibtidaiyah ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Lulusan madrasah ibtidaiyah sanggup melanjutkan pendidikan ke madrasah tsanawiyah atau sekolah menengah pertama.

Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah sama dengan kurikulum sekolah dasar, hanya saja pada MI terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam. Selain mengajarkan mata pelajaran sebagaimana sekolah dasar, juga ditambah dengan pelajaran-pelajaran seperti:

  1. Alquran dan Hadits
  2. Aqidah dan Akhlaq
  3. Fiqih
  4. Sejarah Kebudayaan Islam
  5. Bahasa Arab

Di Indonesia, setiap warga negara berusia 7-15 tahun tahun wajib mengikuti pendidikan dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan sekolah menengah pertama (atau sederajat) 3 tahun.


Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Pasal 2 dinyatakan bahwa evaluasi pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas; 1) evaluasi hasil berguru oleh Pendidik; 2) evaluasi hasil berguru oleh Satuan Pendidikan; dan 3) evaluasi hasil berguru oleh Pemerintah. Penilaian tersebut berlaku untuk aktivitas intra kurikuler, ko kurikuler atau ekstra kurikuler di sekolah maupun madrasah.

Penilaian oleh pemerintah di tingkat MI tidak dilakukan secara eksklusif dalam bentuk ujian nasional menyerupai pada tingkat MTs dan MA. Tetapi pemerintah memberi penguatan berupa kisi-kisi dan anchor soal (20%25%) pada pelaksanaan USBN pada mata pelajaran tertentu.  Hal tersebut bertujuan semoga terjamin kualitas evaluasi hasil berguru dalam rangka pencapaian Standar Nasional Pendidikan. 

Download Kisi-kisi UAMBD MI Tahun Pelajaran 2018-2019

Sobat kisi-kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah Tahun Pelajaran 2018-2019 yang sanggup sahabat unduh melalui tautan berikut ini:
  1. Kisi-kisi Quran dan Hadits
  2. Kisi-kisi Akidah dan Ahlak
  3. Kisi-kisi Fikih
  4. Kisi-kisi Sejarah Kebudayaan Islam
  5. Kisi-kisi Bahasa Arab
Demikianlah info tentang Kisi-kisi UAMBD Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2018-2019, semoga bermanfaat untuk Madrasah Hebat Bermartabat. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.

0 Response to "Kisi-Kisi Uambd Mi Tahun Pelajaran 2018-2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close