Kemenag Segera Laksanakan Uji Coba Ppkb-Gpai Tahun 2017

Info dan | Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB-GPAI) telah siap diujicobakan. Pada kegiatan konsinyering persiapan pelaksanaan piloting PPKB-GPAI Tahun 2017 di Hotel Grand Whiz Kelapa Gading Jakarta Utara, Tim Pengembang PPKB-GPAI beserta Pejabat Direktorat Pendidikan Agama Islam (Dit. PAI) mematangkan rencana pelaksanaan uji coba PPKB-GPAI yang mulai dilaksanakan pada tahun ini di 4 (empat) provinsi.

Penjelasan Tim Pengembang PPKB-GPAI direspon dengan sangat kasatmata dari administrator dan pejabat Dit. PAI yang hadir. Kegiatan uji coba tersebut akan dilaksanakan pada tingkat provinsi; diawali dari proses pendataan dan identifikasi guru Pendidikan Agama Islam, bimbingan teknis dan pelaksanaan Penilaian Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PKG-GPAI), simulasi hasil penilaian yang menggambarkan kompetensi GPAI dan dijadikan sebagai dasar pelaksanaan PPKB, hingga dengan pelaksanaan PPKB dan penilaian pelaksanaannya.

Baca juga: Guru Wajib Ikuti Perkembangan Ilmu dan Teknologi

Dalam paparan yang disampaikan oleh Tim Pengembang kepada Direktorat Pendidikan Agama Islam tersebut, sebagaimana dikutip dari laman pendis.kemenag.go.id, Senin (31/7/2017), terjadi proses obrolan yang sangat konstruktif terutama dalam hal proses pelaksanaan PPKB dengan proses pengiriman hasil PKG dengan mode daring dan jalan masuk data hasil PPKB oleh para pemangku kepentingan. Walau mode daring yang dipakai sebatas memanfaatkan google drive yang gratis, namun diyakini oleh tim akan bisa memfasilitasi pengolahan, akses, dan penyimpanan data dalam kapasitas terbatas. Pilihan ini diambil sebab belum adanya infrastruktur data yang memadai. Kedepan, pada pelaksanaan yang tolong-menolong akan dipakai infrastruktur data dan gosip yang jauh lebih baik lagi. Rencananya akan berafiliasi dengan Education Management Information System (EMIS).

Sementara itu, Dalam arahannya, Direktur PAI memberikan bahwa dengan telah tersusunnya fatwa dan panduan pelaksanaan PPKB-GPAI dan akan dilaksanakannya uji coba, ia optimis bahwa PPKB-GPAI akan bisa dilaksanakan lebih luas pada tahun 2018. Ia juga berharap, walaupun jikalau di tahun 2018 belum bisa dilaksanakan semuanya sebab terbatasnya ketersediaan anggaran direktorat, akan tetapi ke depan aktivitas tersebut sanggup terus berjalan lancar dengan didukung anggaran yang sangat memadai sehingga sanggup dilaksanakan di semua provinsi.

4 propinsi sasaran piloting PPKB-GPAI Tahun 2017


Dari keseluruhan propinsi yang ada di Indonesia ada 4 provinsi yang menjadi sasaran ujicoba PPKB-GPAI: Mereka adalah:
  1. Sulawesi Selatan
  2. DKI Jakarta, 
  3. Nusa Tenggara Timur ,
  4. dan Kalimantan Tengah. 
Piloting terbatas PPKB-GPAI tahun 2017 ini dibutuhkan bisa menawarkan citra pelaksanaan PPKB-GPAI yang sesungguhnya pada tahun 2018, dan merupakan uji coba penerapan fatwa pelaksanaan penyelenggaraan PPKB-GPAI.

Baca juga: Ini Lho 4 Wakil Indonesia di WSDC 2017

Anda gres saja membaca  Piloting Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB-GPAI) tahun 2017.

0 Response to "Kemenag Segera Laksanakan Uji Coba Ppkb-Gpai Tahun 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close