Dari 773 Ribu Guru Honorer, Cuma Separuh Yang Profesional

Info Madrasah - Dari 773 Ribu Guru Honorer, Cuma Separuh yang Profesional. Kondisi tersebut dipaparkan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata sebagaimana dikutip dari JPNN.com (25/7/2017).

Meski demikian, mereka para guru honorer terus meminta semoga segera diangkat menjadi PNS. Terhadap desakn ini, pemerintah bersikap sangat hati-hati untuk mewujudkannya. Hal tersebut didasarkan bahwa tidak semua guru honorer yang ada sudah memenuhi syarat atau pembagian terstruktur mengenai sebagai guru profesional.

Sumarna menjelaskan bahwa syarat paling dasar bagi guru honorer ialah memiliki ijazah minimal D4 atau S1, mengajar sesuai dengan beban minimal yaitu 40 jam per pekan, serta persyaratan lainnya.

Baca juga:  TPG Terhutang Guru Madrasah Lunas Tahun 2017

Menurut Sumarna, Kemendikbud ketika ini telah menciptakan hitung-hitungan apabila guru honorer yang memenuhi syarat itu diangkat menjadi CPNS baru.

Salah satunya ialah anggaran untuk honor yang harus disiapkan. "Sebagai rujukan jikalau di awal digaji Rp 3 juta, maka akan membutuhkan anggaran triliunan rupiah," paparnya.

Pengangkatan CPNS Guru Garis Depan 2016/2017


Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana menjelaskan bahwa rangkaian pengangkatan CPNS Guru Garis Depan 2016/2017 telah selesai.

Dia menambahkan hingga dengan ketika ini, belum ada rencana pengangkatan CPNS guru lagi. Meski demikian, sesuai dengan Nawa Cita Presiden Jokowi yakni membangun Indonesia dari pinggiran, kebutuhan guru PNS di tempat khusus tetap merupakan prioritas.

Baca juga:

"Tidak cuma guru, juga dokter, bidan, serta penyuluh pertanian dan sejenisnya,’" katanya. Tetapi Bima menegaskan kebutuhan riil guru CPNS masih dihitung terlebih dahulu.

Dia memaparkan, secara umum rasio guru dengan siswa di Indonesia ketika ini sudah lebih baik. Bahkan di wilayah tertentu ada rasio yang sudah mencapai 1:9. Hal itu berarti satu orang guru mengajar sembilan penerima didik.

Anda Baru saja membaca:  Dari 773 Ribu Guru Honorer, Cuma Separuh yang Profesional dari Info Madrasah.

0 Response to "Dari 773 Ribu Guru Honorer, Cuma Separuh Yang Profesional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png