Cara Cetak Dns Akseptor Un Tahun 2019



– Sobat Daftar Nominasi Sementara (DNS) Calon Peserta Ujian Nasional yaitu Daftar Nama penerima didik kelas final yang bersifat sementara sebelum nantinya akan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Tingkat Kab/Kota sebagai Daftar Nominasi Tetap (DNT) Peserta Ujian Nasional (UN).

Baca Juga: Cara Pembuatan 2 VHD di Virtual BOX UNBK Tahun 2019

DNS biasa dipakai sebagai Dokumen pola dasar untuk mencocokkan kembali data Calon Peserta Ujian Nasional yang sebelumnya telah di input ke BIO-UN di akun tiap satuan pendidikan, serta harus ditanda tangani oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota. Setelah proses pencocokan berkas antara DNS dengann Identitas Siswa (Ijazah, SHUN, Akta Kelahiran, NISN, NIS Lokal, dll) hingga sehabis semua telah valid maka keluarlah DNT atau Daftar Nominasi Tetap Peserta Ujian Nasional.


Persyaratan umum penerima UN Tahun 2019

  1. Peserta didik telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu.
  2. Peserta didik mempunyai laporan lengkap evaluasi hasil berguru pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama hingga dengan semester pertama pada tahun terakhir.
  3. Peserta didik mempunyai laporan lengkap evaluasi hasil berguru pada Pendidikan Kesetaraan. 
Dalam rangka penjaminan mutu pendidikan, dinas pendidikan sesuai kewenangannya sanggup memutuskan persyaratan embel-embel sesuai dengan kebutuhan dan/atau perkembangan pendidikan di daerah.


Pendaftaran Peserta Ujian Nasional Tahun 2019

  1. Sekolah/Madrasah pelaksana UN melaksanakan pendataan calon peserta.
  2. Warga Negara Indonesia yang berguru di sekolah absurd di luar negeri sanggup mendaftar UN, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan/atau instansi yang berwenang di Kementerian Agama.
  3. Sekolah/Madrasah pelaksana UN mengirimkan data calon penerima ke pangkalan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan/atau Education Management Information System (EMIS) Kementerian Agama (Kemenag) dan mengirimkan tembusannya ke Panitia UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.
  4. Panitia UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya melaksanakan verifikasi data calon penerima untuk diterbitkan Daftar Nominasi Sementara (DNS) dan mengirimkannya ke satuan pendidikan.
  5. Satuan pendidikan melaksanakan verifikasi DNS dan mengirimkan balasannya ke Panitia UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.
  6. Panitia UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya melakukan: 1) pemutakhiran data; 2) penetapan dan pencetakan Daftar Nominasi Tetap (DNT) dan Kartu Peserta Ujian (KPU); dan 3) pengiriman DNT dan KPU penerima UN ke satuan pendidikan.
  7. Data penerima Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) dikirim ke Panitia UN Tingkat Pusat.
  8. Kepala sekolah/madrasah pelaksana UN menerbitkan, menandatangani, dan membubuhkan stempel sekolah/madrasah pada kartu penerima UN yang telah ditempel foto peserta.
Baca Juga: SK Panitia UNBK USBN UAMBK Madrasah Tahun 2019

Syarat Cetak DNS Oleh Operator Sekolah

Untuk sanggup mencetak Daftar Nominasi Sementara (DNS) oleh Operator Sekolah/Madrasah atau Pihak Satuan Pendidikan, harus memenuhi beberapa hal berikut:

1. Sekolah/Madrasah Telah mengupload file format .dbf/.ez di BIO-UN
2. Telah disetujui oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota.

Baca Juga: Jadwal UN SMP/MTS SMA/SMK/MA Paket B/C TP 2018-2019

Cara Cetak DNS Peserta UN Tahun 2019

Sobat , untuk mencetak Daftar Nominasi Sementara (DNS) Peserta Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2018-2019, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke BIO-UN dengan memasukkan Username dan Password, serta mengisikan arahan Captcha:

2. Klik Menu Report > Klik Daftar Calon Peserta Ujian Nasional (DNS)



3. Kemudian Isi Daftar Isian yang telah disediakan lihat gambar berikut:


Keterangan Gambar:
  • Nomor 1: Isi Tempat Cetak (Contoh; Malang, Surabaya, dll) Sesuai Kab Masing-masing dan isi Tanggal Cetak.
  • Nomor 2: Centang Tanda Tangan
  • Nomor 3: Centang Sekolah dan Nama Sekolah
  • Nomor 4: Klik Gambar/logo PDF
4. Setelah Proses pada point 3, akan muncul tampilan dalam bentuk PDF, silahkan di Unduh dan lalu di Cetak. Lihat Gambar Berikut:


5. Selesai
Catatan: Tiap Sekolah/Madrasah akan mendapatkan Salinan DNS secara Resmi (terdapat Stempel Basah dan Tanda Tangan) dari Dinas Kabupaten/Kota. Sehingga Pencetakan ini sifatnya hanya dipergunakan sebagai Bahan Koreksi oleh tiap Sekolah/Madrasah untuk mengecek kembali data yang telah di Upload di BIO-UN.

Demikianlah gosip tentang Cara Cetak DNS Peserta UN Tahun 2019, biar ada guna dan manfaatnya. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh
Kami_Madrasah

0 Response to "Cara Cetak Dns Akseptor Un Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close