Cara Backup Data Aplikasi Rapor Digital (Ard)

– Sobat Operator Madrasah, Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah hingga ketika ini telah mengalami beberapa perbaikan, hingga artikel ini kami tulis, sudah terdapat PATCH ke-4, tiap Patch mempunyai perbaikan masing-masing. Namun, seiring dengan peluncuran Patch tersebut masih terdapat Operator Madrasah yang galau sehabis melaksanakan Patch Data yang telah mereka kerjakan hilang begitu saja ataupun Aplikasi ARD menjadi Error (tidak sanggup dibuka). Menurut kami – mungkin juga sanggup salah – hal tersebut terjadi alasannya beberapa faktor:
  1. Proses Patch yang salah. 
  2. Hilangnya folder mysql dan htdoc 

Nah untuk itu, kami berinisiatif untuk menulis Artikel ini untuk setidaknya membantu para Operator Madrasah yang sedang atau akan mengalami kejadian-kejadian tersebut. Maka berdasarkan kami, sebelum melaksanakan proses Patch, ada baiknya Operator Madrasah melaksanakan tahapan-tahapan berikut ini:


1. Sebelum Patch, Back-up Data ARD.

Untuk membackup data madrasah Sobat sanggup mengcopy terlebih dahulu folder htdocs dan mysql untuk berjaga-jaga jikalau sewaktu-waktu sehabis proses Patch data kita hilang atau error. Untuk lebih jelasnya teman sanggup melihat gambar berikut:


2. Proses Patch, Lakukan Patching dengan Benar.

Untuk melaksanakan Patch Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah dengan benar, Sobat Operator Madrasah sanggup mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Unduh Patching Rapor melalui Laman Resmi Sistem Kurikulum Madrasah (Sikurma) berikut: http://sikurma.kemenag.go.id/ard/
  • Ekstrak file Patching Rapor. Hasil ekstrak berupa 3 buah folder Patching ialah MA, MTs, dan MI.
  • Copy folder berjulukan application pada jenjang yang sesuai dengan madrasah sobat
  • Buka lokasi Instalasi aplikasi ARD Madrasah di drive C
  • Pilih dan buka folder htdocts
  • Pilih dan buka folder dengan nama sesuai jenjang yang diinginkan (MA, MTs, atau MI)
  • Pastekan folder application tadi ke folder tersebut (folder htdocts)
  • Klik Yes jikalau muncul notifikasi
  • Patching selesai


Catatan:
Silahkan lakukan proses Patchign secara Berurutan, Contoh Kasus jikalau telah melaksanakan Patch 3 kemudian muncul Patch 4 dan Patch 5, maka teman harus melaksanakan proses Patch 4 terlebih dahulu kemudian melaksanakan Patch 5.

Nah sehabis proses Patching, kini silahkan coba untuk membuka/menjalankan aplikasi ARD Madrasah. Jika sehabis Patch tamat dan Aplikasi ARD Error atau data Hilang, maka Proses pada poin nomor 1 ialah Backup data menjadi sangat berkhasiat untuk mengembalikan data yang hilang sehabis melaksanakan proses Patching.

Demikianlah info tentang Cara Backup Data Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah. Semoga Bermanfaat untuk Madrasah Hebat Bermartabat. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.

0 Response to "Cara Backup Data Aplikasi Rapor Digital (Ard)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close