Aplikasi Pemanfaatan Hasil Un Puspendik Tahun 2018


- Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud telah merilis Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Tahun 2018.  

Sebagaimana dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan selanjutnya telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 perihal Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan dan kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 perihal Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan, hasil Ujian Nasional (UN) antara lain sanggup dipakai sebagai salah satu materi pertimbangan untuk training dan pemberian pertolongan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Hal ini dimungkinkan sebab hasil UN sanggup dipakai untuk menawarkan citra peta mutu pendidikan pada tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, dan sekolah. Secara khusus, capaian pada setiap mata pelajaran yang diujikan dalam UN sanggup diketahui sehingga perbaikan proses pembelajaran sanggup dilakukan secara spesifik menurut analisis cakupan materi dan indikator di tingkat sekolah.


Baca Juga:
Buku “Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 untuk Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pendidikan” disusun untuk melengkapi Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN. Dengan adanya panduan ini dibutuhkan hasil UN sanggup dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengambil kebijakan, baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun satuan pendidikan. Terdapat lima kepingan pokok dalam buku panduan ini mencakup pendahuluan, manual pengoperasian aplikasi, data hasil UN, pemanfaatan data untuk perbaikan mutu pendidikan, dan penutup. Pada kepingan pemanfaatan data untuk perbaikan mutu pendidikan, diuraikan referensi pemanfaatan dan penjelasannya untuk memudahkan pihak-pihak yang mempunyai kepentingan dalam memakai data hasil UN.

Aplikasi ini merupakan media atau software yang memuat data hasil UN SMP/MTs/SMPT, SMA/MA, dan SMK. Aplikasi ini sanggup menampilkan informasi mengenai statistik, daftar, daya serap, dan grafik hasil nilai UN tahun 2017/2018.

Adapun Spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini terbilang cukup ringan yakni sebagai berikut:
  • Prosesor Pentium IV atau setara
  • 512 MB RAM
  • Sistem operasi minimal Windows XP
  • Kapasitas Harddisk (free space) minimal 5 GB
  • Ukuran layar minimal 12”
Download Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Tahun 2018

Sobat berikut yaitu Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Tahun 2018 beserta Buku Panduannya yang sanggup teman unduh melalui tautan berikut ini:

Untuk Panduan berbentuk Video, Puspendik Kemendikbud juga telah merilir tutorial dalam bentuk Video, untuk itu teman sanggup menyimak serta melihatnya dalam Video berikut ini:


Demikianlah informasi tentang Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Tahun 2018, biar informasi ini bermanfaat untuk Pendidikan di Indonesia.

0 Response to "Aplikasi Pemanfaatan Hasil Un Puspendik Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png