3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak

 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak 3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak

3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak - Madrasah Diniyah Takmiliyah merupakan sekolah nonformal yang di dalamnya terdapat aneka macam pelajaran Pendidikan Islam sebagai pemanis bagi pendidikan umum. Madrasah Diyah sendiri sekrang berganti nama menjadi Diniyah Takmiliyah Awaliyah atau sering disingkat DTA. Diniyah Takmiliyah Awaliyah dibagi menjadi tiga potongan atau tahap, yang pertama ialah kelas dasar (Diniyah Awaliyah) dalam tahap ini masa belajarnya 4 tahun dengan jumlah jam pelajaran 18 JTM dalam satu minggu, yang kedua ialah kelas menengah (Diniyah Wustha) dalam tahap ini masa belajarnya 2 tahun dengan jumlah jam pelajaran 18 JTM dalam satu minggu, dan yang ketiga ialah kelas atas ( Diniyah Ulya) dalam tahap ini masa belajarnya 2 tahun dengan jumlah jam pelajaran 18 JTM selama satu minggu.

 Sejarahnya sendiri, Madrasah Diniyah Takmiliyah sudah ada dari masa penjajahan. Anda pernah lihat Film "Sang Pencerah" ? Di film itu kita sanggup melihat seorang KH.Ahmad Dahlan dalam membangun madrasah untuk berguru agama Islam. Siring berjalannya waktu Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam perkembangannya sangat signifikan, mungkin kini di tiap kampung terdapat Madrasah Diniyah Takmiliyah. Yang jadi masalahnya, banyak sekali bawah umur yang enggan mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah. Hal ini sangat disayangkan sekali, sebab Madrasah Diniyah Takmiliyah sendiri mempunyai banyak manfaat kasatmata bagi bawah umur yang mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah. Mungkin ini semua akhir dari perkembangan zaman, sehingga menyisihkan Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Jika kita melihat pada manfaat kasatmata dari Madrasah Diniyah Takmiliyah bagi bawah umur sungguh sangat disayangkan bila bawah umur pada zaman kini enggan mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah. Oleh sebab itu, mari kita gerakkan bawah umur kita semoga mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah sebelum dia menyesalinya di masanya kelak.

Lantas apa saja manfaat kasatmata dari Madrasah Diniyah Takmiliyah ? Sebenarnya manfaat dari Madrasah Diniyah Takmiliyah sangat banyak, mungkin tak sanggup disebutkan. Karena seyogyanya setiap orang yang mengikuti Majelis Taklim niscaya akan menemukan manfaatnya. Bahkan Allah SWT sendiri akan mengangkat derajat orang mencari ilmu.

Baik, kita pahami saja 3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak yang akan aku jelaskan berikut ini. Apa sajakan 3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak itu ?

1. Anak Mendapkatkan Ilmu Pengetahuan Islam

Yang pertama ialah mendapat ilmu pengetahuan Islam. Tentu dalam setiap pendidikan kita akan mendapat ilmu. Nah dalam Madrasah Diniyah Takmiliyah sendiri ilmu yang didapatkan mayoritasnya ialah Ilmu Pengetahuan Islam. Makara anak akan mengetahui dan memahami aneka macam ilmu pengetahuan Islam, dari mulai qur'an hadits, bahasa arab, fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, Aqidah Akhlak, dan masih banyak lagi. 

2. Menjadikan Anak Berakhlak Mulia

Bisa kita lihat sendiri di zaman sekarang, banyak sekali bawah umur yang tidak mempunyai etika dan banyak bawah umur yang bertindak tidak senonoh. Itu semua sebab kurangnya pendidikan etika kepada anak itu sendiri. Sangat disayangkan bila masih dimasa kanak-kanak, mereka sudah sanggup berbuat tidak senonoh, bagaimana bila mereka cukup umur nanti. Sebenarnya kita sanggup mencegah hal-hal tersebut, dengan cara bagaimana ? Yaitu dengan cara  memasukan anak kita ke Madrasah Diniyah Takmiliyah. Karena di Madrasah Diniyah Takmiliyah terdapat pelajaran yang sanggup menumbuhkan etika baik kepada anak, ibarat dalam pelajaran akhidah akhlak.

3. Menjadikan Anak Disiplin

Fiqih merupakan pelajaran yang berisi tetang syariat Islam yang mebahasa aturan aneka macam dilema kehidupan manusia. Dalam fiqih sendiri terdapat bahan tetnang ibadah, terutama Shalat. Shalat sendiri merupakan Ibadah umuat Islam yang sangat penuh dengan kedisiplinan, mungkin ini lebih harus disiplin dibandingkan latihan militer. Dalam Shalat sanggup kita ambil aneka macam pola perilaku disiplin ibarat dalam disiplin waktu, dalam shalat kita dihentikan telat dalam melaksanakannya harus disiplin sesuai waktu yang sudah ditentukan. Nah dari salah satu pola tersebut, bila anak kita mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah dan mempelajari ilmu wacana shalat yang ada di Madrasah Diniyah Takmiliyah, anak akan mesugesti dari tiap bahan yang disampaikan sehingga anak akan mempunyai perilaku disiplin.

Itulah 3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak. Mungkin itu hanya salah satu dari ribuan manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah. Semoga artikel ini sanggup memeberikan warta yang bermanfaat bagi anda sekalian.

Salam Rumah Madrasah

0 Response to "3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close