Contoh Teks Pidato Sambutan Perwakilan Siswa Dalam Program Perpisahan (Kenaikan Kelas) Di Sekolah

 pola teks pidato atau sambutan  perwakilan siswa dalam program perpisahan  CONTOH TEKS PIDATO SAMBUTAN  PERWAKILAN SISWA DALAM ACARA PERPISAHAN (KENAIKAN KELAS) DI SEKOLAH

Setelah ujian nasional dan ulangan kenaikan kelas selesai, saatnya sekolah mengadakan program perpisahan sekolah dan program kenaikan kelas. Pastinya program ini digelar untuk melepas siswa yang akan melanjutkan studi atau bekerja, serta untuk membahagiakan para siswa yang lulus maupun naik ke kelas yang lebih tinggi. Menjelang program perpisahan dan kenaikan kelas, para siswa biasanya berlatih untuk menampilkan hiburan terbaik bagi siswa yang lulus maupun naik kelas. Guru, pengurus OSIS, pihak Komite Sekolah pun bekerja sama untuk menyelenggarakan perpisahan dan kenaikan kelas sederhana tapi bermakna untuk siswa kelas dua belas.

Momen Perpisahan sekolah dan Kenaikan kelas merupakan hal yang Istimewa alasannya yaitu semuanya berkumpul untuk merayakan satu kemenangan untuk yang lulus dan naik kelas sekaligus berpisah khusus bagi para siswa yang dinyatakan lulus sekolah. Perpisahan bagi kelas final sebetulnya sebagai motivasi biar mereka sanggup meraih pendidikan yang lebih baik dan lebih tinggi lagi. Semuanya demi masa depan yang lebih baik.

Dalam program perpisahan khususnya bagi kelas akhir, moment bersalaman dengan guru, orang tua/wali dan seluruh siswa yaitu ketika yang sangat ditunggu. Inilah moment yang sangat menciptakan kita semua merasa bahwa kita saling menyayangi. Tidak ketinggalan sesi pemotretan pun dilakukan untuk mengabadikan saat-saat yang indah.

Salah satu program dalam kegiatan Perpisahan (Kenaikan Kelas) di Sekolah yaitu adanya pidato atau sambutan Perwakilan Siswa dalam Acara Perpisahan (Kenaikan Kelas) di Sekolah. Untuk Bapak/Ibu guru yang melatih siswa mempersiapkan pidato atau sambutan  perwakilan siswa dalam program perpisahan sekolah (kenaikan kelas) di sekolah atau untuk para siswa yang akan berpidato atau memberi  sambutan dalam program Perpisahan Sekolah atau kenaikan Kelas di Sekolah. Berikut ini beberapa contoh teks pidato atau sambutan  perwakilan siswa dalam program perpisahan (kenaikan kelas) di sekolah. Contoh-contoh tersebut mungkin masih jauh dari sempurna, tetapi sanggup dipakai oleh para siswa yang mengalami kesulitan menemukan tema atau isi bahan pidato ketika program perpisahan (kenaikan kelas) di sekolah


1. TEKS PIDATO PERWAKILAN SISWA KELAS IX (dalam program perpisahan sekolah atau kenaikan kelas)

Assalamu alaikum Wr.   Wb.
Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati
Bapak dan Ibu Guru, serta Staf TU yang saya hormati
Dan Teman-teman Semua yang saya banggakan.

Pertama-tama saya panjatkan  puji syukur ke hadirat Allah SWT, alasannya yaitu atas limpahan segala rahmat-Nya pada hari ini kita sanggup berkumpul bersama dalam  acara perpisahan siswa-siswi kelas 9 dan kenaikan kelas bagi siswa siswi kelas 7 dan 8. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada sahabatnya juga kepada kita selaku umatnya.

Pada kesempatan ini, izinkanlah saya selaku wakil dari teman-teman kelas 9 menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan dan kenaikan kelas ini.

Hadirin yang saya hormati, Selama berguru di Sekolah Menengah Pertama ini, kami sebagai siswa sangat besar hati dan berterima kasih kepada semua guru yang telah mengajar yang dengan sangat baik, sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Alhamdulilah berkat jerih payah dan kerjasma semua guru, kepala sekolah dan selalu stap TU di sekolah ini akhirnya kami sanggup lulus dari Sekolah Menengah Pertama ini.

Kepada Bapak kepala sekolah,  Bapak Ibu guru dan TU,  terimlah permohonan maaf kami yang setulus-tulusnya atas tutur kata dan perbuatan kami yang tidak berkenan dihati Bapak Ibu selama selama ini.  Mudah-mudahan semua Bapak Ibu yang melaksanakan kiprah di sekolah ini selalu sanggup diberikan kesehatan yang baik, mendapat kebahagian serta lindungan dari Allah SWT.

Hadirin yang saya hormati, Sungguh berat rasanya menghadapi pisahan ini, alasannya yaitu selama 3 tahun kita telah bersama-sama. Tetapi perpisahan memang terkadang tak terelakkan, yang sanggup kita lakukan hanya saling memaafkan dan mendo’akan biar kita semua sanggup melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, MA, SMK maupun jenjang pendidikan lainnya. Dan mudah-mudahan kita sanggup mencapai impian yang selama ini diangan-angankan.

Kepada adik-adik kelas 7 dan 8, kakak berpesan: maafkanlah kami kalau ada kesalahan, jaga nama baik sekolah ini, dan rajin-rajinlah belajar, hanya dengan berguru kalian semua akan berhasil.

Sebelum saya mengakhir sambuatan ini, izinkan saya membacakan puisi berikut ini:
Guruku,
Hari  ini …. kesedihan meresapi hati
Menghadapi perpisahan yang tak terelakkan oleh waktu
Meski hati terasa berat menerima,
Suratan takdir, mengalir bersama air mata dan nostalgia
Yang pernah terukir diantara kita

Guruku,
Lewat perpisahan ini
Izinkan kami berlayar mengarungi birunya samudera
Untuk mengukir ilmu di atas kerasnya watu zaman
Menyibak gelapnya kabut kebutaan
Mata dan hati ….,
Merubah hidup, Menyulam masa depan

Guruku,
Seuntai kata terima kasih kami sampaikan
Dalam setiap sujud do’a dan hembusan nafas
Akan ilmu yang telah kami dapatkan
Dan nasihat yang tak pernah menngenal  lelah
Sampai kami mengerti arti kebenaran sesunguhnya

“Selamat berpisah guruku”
Selamat berjuang
Do’akan kami


Akhir kata, saya memberikan permohonan maaf apabila ada kata-kata saya yang salah atau kurang berkenan di hati hadirin semua.

Wassalamu alaikum Wr.   Wb.


 2. TEKS PIDATO PERWAKILAN SISWA  KELAS VII DAN VIII (dalam program perpisahan sekolah atau kenaikan kelas)


Assalamu alaikum Wr.   Wb.
Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati
Bapak dan Ibu Guru, serta Staf TU yang saya hormati
Serta tak lupa kepada rekan-rekan kelas 7 dan 8  sertaKakak-Kakakku kelas 9 yang saya banggakan.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Illahi Robbi yang telah melimpahkan rahmat, taufiq  dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat  berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tak kurang suatu apapun. Sholawat serta salam mari kita limpahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada sahabatnya juga kepada kita selaku umatnya.

Pertama-tama,  izinkanlah saya sebagai perwakilan dari teman-teman kelas 7 dan 8 untuk  menyampaikan sepatah dua patah kata sambutan dalam rangka perpisahan dan kenaikan kelas ini.

Bapak dan ibu guru,  serta Hadirin yang saya hormati, Tiga tahun kakak kelas IX menuntut ilmu di sekolah ini. Harapan saya semoga Kakak-kakak sanggup memproleh  hikmah dan manfaat yang sanggup diambil dari pelajaran yang telah diberikan oleh bapak dan ibu guru kita. Kami berharap biar sesudah lulus dari sekolah ini, kakak-kakak dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi lagi dan sanggup mengharumkan nama baiksekolah  ini .

Saya atas nama seluruh siswa kelas VII dan VIII menyampaikan permohon maaf apabilasebagai adik kelas, selama initelah melaksanakan perkataan dan perbuatan yang tidak berkenan dihati Kakak selama belajar di sekolah ini. Kami mengucapkan selamat  berpisah  semoga perjuangan Kakak untuk meraih cita cita dapat tercapai.

Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, izinkanlah saya memberikan beberapa pantun berikut ini:

Ikut Ibu Pergi Ke Pasar
Tidak Lupa Beli Pisang
Kalau Kamu Rajin Belajar
Insya Allah, Sudah Besar Banyaklah Uang

Ke mana kancil akan dikejar
Ke dalam pasar cobalah cari
Ketika kecil rajin belajar
Sesudah besar senanglah hati


Pulau pandan jauh ke tengah,
Gunung Daik bercabang tiga;
Hancur tubuh dikandung tanah,
Budi yang baik dikenang juga

Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan
Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh
Supaya engkau tidak ketinggalan

Kalau ada sumur di ladang
Bolehkah kita menumpang mandi
Kalau ada umurku panjang
Insya Allah kita bertemu lagi

Demikianlah yang sanggup saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kata-kata saya yang salah atau kurang berkenan di hati Kakak-Kakak serta hadirin semua.  Selamat jalan kakak-kakaku, semoga keberhasilan selalu menyertaimu.
Wabillahi taufik walhidayah, Wasalamu alaikum Wr.Wb.


Berikut ini Contoh Naskah Pidato Perepisahan dan kenaikan Kelas lainnya
Adik-adik mungkin ada yang ditunjuk mewakili teman-teman untuk berpidato dalam rangka perpisahan dan kenaikan kelas. Berikut ini kakak berikan beberapa contoh naskah pidato perpisahan dan kenaikan kelas yang kakak ambil dari beberapa tulisan. Contoh naskah pidato perpisahan dan kenaikan kelas untuk SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK sengaja disatukan biar adaik-adik gampang untuk menemukannya.  

Berikut ini pola Pidato Perpisahan dan Kenaikan Kelas untuk SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK

1.    Contoh Pidato perpisahan dan Kenaikan kelas untuk siswa SMP/MTS. Contoh ini saya ambil dari http://belajarpsikologi.com/

Berikut Naskah pola Pidato Perpisahan dan Kenaikan Kelas siswa SMP

Assalamualaikum wr. Wb
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa alasannya yaitu atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita sanggup berkumpul bersama guna mengadakan program perpisahan sekolah.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk memberikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat besar hati dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun sanggup lulus dari Sekolah Menengah Pertama ini.

Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini sanggup diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.

Juga untuk teman-teman semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, alasannya yaitu kita sudah bahu-membahu selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman-teman semua sanggup melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk sanggup mencapai impian yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua… Amin.
Wassalam.

2.    Contoh Pidato perpisahan dan Kenaikan kelas untuk siswa SD/MI. Contoh ini saya ambil dari http://pintarpidato.blogspot.com/

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kepada yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah beserta wakil
Yang kami hormati Wali Kelas 6 tercinta
Yang kami hormati semua Bapak/Ibu Dewan guru
Yang kami hormati semua Bapak/Ibu wali murid
Terkhusus kepada kepada kedua orang bau tanah kami...

Ijinkanlah kami ini, berada di hadapan Bapak/Ibu sekalian untuk mengungkapkan sepatah dua patah kata. Bukan berarti kami yaitu yang terbaik, tapi alasannya yaitu tuntutan dari rekan2 kelas 6, maka kami berada di hadapan Bapak/Ibu dan rekan-rekan semua.

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wataala, atas segala limpahan rahmat dan karunianya. Nikmat yang tak terhingga kepada kita semua, sehinggga kita sanggup berada di daerah ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dan salam juga semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad shallalllahu 'alaihi wasallam, keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang setia dengan aliran yang dia bawa hingga final jaman. Amin.

Tiada gading yaang tidak retak. begitupun dengan apa yang akan kami sampaikan nanti. Pasti akan banyak kesalahan dan kehilafan. Untuk itu, mohon maafkan dan maklumi kami.

Dalam kesempatan ini, ijinkanlah kami memberikan beribu ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu dewan guru semua. Berkat bimbingan Bapak dan Ibu sekalian, kami sanggup menjadi menyerupai ini. Bisa membaca, sanggup menulis, sanggup menghitung dan sanggup berguru untuk menjadi insan yang sesungguhnya.

Dengan telatennya, engkau membimbing kami. Tiada ada kata bosan. Selalu sabar menghadapi tingkah polah kami yang kadang menciptakan jengkel. Maafkan kami. Jasa kalian tidak akan pernah kami lupakan sepanjang hidup kami. Tanpa bimbingan kalian semua, apalah arti diri kami semua.

Untuk teman-temanku semua, ini yaitu hari perpisahan kita di SD ini. Berat rasanya memang. Setiap hari kita selalu bersama. Bermain bersenda gurau. Tertawa. Bercanda. Sungguh, semua kenangan itu tidak akan pernah terlupakan.

Walaupun hari ini kita berpisah, marilah tetap kita jaga persaudaraan ini hingga kapanpun. Kalian semua yaitu teman-teman terbaik.

Kepada Bapak dan Ibu Orang bau tanah dan wali murid sekalian. Inilah anakmu. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya disana-sini. Bimbinglah kami dengan sabar dan tiada henti. Kami masih haus bimbinganmu. Kami masih haus kasih sayangmu. Didiklah kami sehingga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara.

Demikianlah pidato singkat perpisahan sekolah di kelas 6 ini, semoga kita sanggup memetik pesan tersirat dari apa yang kami sampaikan. Kami akhiri, Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.


3.    Contoh Pidato perpisahan dan Kenaikan kelas untuk siswa SD/MI. Contoh ini saya ambil dari http://www.naskahpidato.com/ karya Kartika Nur Azzizah


Assalamu'alaikum WR.WB
Bismillahirrohmainirrohim
Alhamdulillahi robbil 'alamin, wassolatu wassalamu 'ala asrofil ambiya'i wal mursalin wa'ala alihi wasobihi ajma'in amma ba'du
Yang terhormat Ibu/Bapak Kepala Sekolah SD...
Yang saya hormati dewan guru serta karyawan/karyawati SD...
Yang saya sayangi tean-temanku dan adik-adiku kelas 1-5 SD...

Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah S.W.T atas limpahan rahmat,taufik,hidayah dan inayaah-Nya. Sehingga kita masih sanggup berkumpul dalam program perpisahan ini.
Sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad S.A.W. Semoga kita tergolong umat yang mendapat syafa'at nya di hari final zaman nanti. Amin ya Robbal 'Alamin.

Hadirin yang saya hormati,

Izinkan saya sebagai wakil dari kelas dari teman-teman kelas 6 berada di hadapan Bapak/Ibu dan adik-adik sekalian. Untuk memberikan sepatah dua patah kata ihwal kesan-kesan kami selama kami masih berada di (nama Sekolah) ini.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati,
Pada kesempatan ini kami sangat berterimakasih atas bimbingan Bapak/Ibu guru yang dengan telatennya mengajari kami tanpa kata bosan. Walaupun kadang ada sikap kami yang menciptakan jengkel. Juga kepada karyawan/karyawati (nama sekolah) kami sangat berterimakasih karen telah memperlihatkan pelayanan yang baik kepada kamisemua.

Adik-adik yang saya cintai,
Kami bererimkasih atas doa dan dukungannya, semoga adik-adik sekalian akan terus berprestasi. Saya berpesan belajarlah dengan rajin, patuhilah nasehat Bapak/Ibu guru.

Maafkanlah kami alasannya yaitu selama kami berada di (nama sekolah) banyak melaksanakan kesalahan. Kami mohon pamit dan doa restu. Mudah-mudahan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi kami dapa t menjadi lebih baik. Demikian pidato dari saya.

Terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu dan adik-adik sekalian
Mohon maaf kalau ada kekurangan
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah
Wassalamu 'alaikum WR.WB


4.    Contoh Pidato perpisahan dan Kenaikan kelas untuk siswa SMA/SMK. Contoh ini saya ambil dari http://www.hasbihtc.com

Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji syukur ke hadirat Allah S.W.T yang selalu memperlihatkan rahmat-Nya pada hari ini sehingga kita sanggup berkumpul bersama untuk mengadakan program perpisahan sekolah. 
Shalawat serta salam saya berikan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan umatnya, Dimana dia yaitu suri tauladan bagi kita.
Dan yang terhormat bapak/ibu Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung yang selalu memperlihatkan Motivasi kepada kita Beserta Guru dan Staf T.U
Dan yang saya cintai teman-teman di 12 kelas pada tahun 2012, khususnya teman-teman 12 IPA 3 I love U forever banget.
Dan tidak lupa terima kasih kepada panitia yang telah menciptakan program ini meriah dan pula yang memungkinkan saya untuk bangun di sini dalam pidato yang disampaikan di depan audiens sekarang. 
Saya hanya ingin berucap kepada teman-teman semua yakniselamat untuk kita semua! Kami berhasil lulus final .. Ya Allah, Alhamdulillah .. Hari penuh ujian yang sangat menegangkan kini telah berakhir .. Kita lulus! Kami tidak anak Sekolah Menengan Atas lagi! Kami akan meninggalkan sekolah ini .. dan terpisah ..
Perpisahan .. Setiap ada pertemuan niscaya ada perpisahan. Kebanyakan kita niscaya bertemu gres dan sudah dekat di sekolah di sini. Atau mungkin sudah ada semenjak SMP, semenjak SD, atau bahkan semenjak lima. Pertemanan kebahagiaan akan ada ketika kita rumit ini selama tiga tahun sanggup bertahan selamanya. Seakan-akan tidak tergoyahkan oleh apapun. Tetapi kita tidak sanggup menyangkal bahwa sengan berjalan selama hidup kita, bersama dengan kedatangan sesuatu yang gres menyerupai kuliah, ngekos, kerja, perkawinan, dan juga sejalan dengan kedatangan orang-orang yang baru, sahabat baru, pacar baru, gres guy , pemisahan biasa terjadi. Diantara kita mungkin merasa bahwa perpisahan pengecut alasannya yaitu dia sedang menunggu untuk melihat hal-hal gres yang lebih menyenangkan daripada hal-hal berikut yaitu sangat membosankan. Tapi mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat duka alasannya yaitu ia mempunyai banyak hal yang menyenangkan di sini dan berapa banyak kenangan telah dibentuk ..
Kenangan .. Teman-teman yang saya kasih, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tidak sanggup diputar kembali dan sebelum kita menyesal alasannya yaitu uang sekolah yang tinggi tanpa kita mempunyai segala sesuatu yang berharga. Kemudian menciptakan banyak kenangan! Melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Katakanlah apa yang ingin Anda katakan. Katakanlah kepada guru dalam mengajar terlalu kaku menjadi lebih santai. Katakanlah kepada bising cewe-cewe yang sok ngerasa bagus dan terkenal tuh kalau otak lebih penting dari tampilan! Katakanlah kepada cowo d cupu sekolah untuk lebih percaya diri. Katakanlah kepada orang yang anda cintai bahwa Anda mencintainya! It's SEKARANG atau NEVER, teman! Come On! Seperti waktu berjalan oleh, memori tetap. Seiring waktu, satu-satunya yang tersisa kenanganlah ..
Terakhir .. Selama sekolah, kami sebagai siswa sangat besar hati dan berterimakasih kepada semua guru yang mengajar di sekolah ini, yang sangat baik, tidak pernah tidak adil dalam mengajar, sabar, sangat lelah dan tidak tahu ke dalam panduan kami. Terima kasih atas jerih payah semua guru, kami sanggup lulus dari SMP.
Mudah-mudahan semua guru yang bertugas untuk mengajar di sekolah ini sanggup diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu diberikan. 
Ada sebuah kutipan dari film Cinta Pertama dimainkan oleh Bunga Citra Lestari dan Joshua Benjamin bahwa pertemuan tidak ada yang kekal. Tapi saya percaya, menyerupai pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi! Jangan lupa hal-hal yang berharga kami telah berpengalaman selama tiga tahun sekolah di sini. Menyimpan kenangan di hati kita semuaaa ..
Selamat dipisahkan! Selamat yaitu alasannya yaitu menjadi non-anak-sekolah lagi. Jauhkan diri Anda jauh dari orang bau tanah kuliah.
Itulah bebapa kata dalam Pidato yang saya sampaikan. Semoga apa yang anda cita-citakan dibangku perkuliahan terwujud....amien..
Akhir kata Kami minta maaf kalau ada satu kata yang salah atau tidak berkenan .
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian contoh teks pidato atau sambutan  perwakilan siswa dalam program perpisahan (kenaikan kelas) di sekolah, semoga contoh-contoh teks pidato dan sambutan yang sederhana ini sanggup membantu para guru atau para siswa yang akan berpidato atau member sambutan dalam program perpisahan (kenaikan kelas) di sekolah. 




= Baca Juga =



0 Response to "Contoh Teks Pidato Sambutan Perwakilan Siswa Dalam Program Perpisahan (Kenaikan Kelas) Di Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close